Senin, 24 Februari 2014

Biar Baterai Gadget Kamu Awet

Di jaman gadget sekarang ini, kebutuhan primer manusia sudah berubah, kalau dulu sandang, pangan dan papan. Kalau sekarang jadi sandang, pangan, dan casan. Ya, smartphone itu emang butuh energi lebih untuk menjalankan semua kecanggihannya itu, makanya, baterai hape kita sering jadi ‘borak’ alias boros nggak karuan.

Kehabisan baterai adalah bencana masyarakat abad ini. Bisa memicu putusnya hubungan, gagal dapet kerjaan, dan ditinggal teman-teman. Jadinya, ke mana-mana kita selalu nyari colokan atau nenteng powerbank. Bahkan sampe ada yang bilang kalau anak jaman sekarang lebih banyak yang nenteng powerbank dibanding nenteng pacar.  

Nah, asal kamu tahu nih yah. Kalau kita pinter memakai smartphone, permasalahan baterai ini bisa diatasi. Dengan sejumlah cara dan mantra, baterai kita bisa awet jadinya. Dan beginilah caranya...

Matikan Auto-Update
Hampir semua operating system sekarang nawarin fitur auto-update. Tentu saja ini bakal nyedot baterai kamu karena tanpa kamu ketahui apps itu make jaringan internet. Ya, selain bikin boros baterai hal ini juga bikin boros pulsa.

Caranya:
iOS 7:
            Setting -> iTunes -> Apple Store -> klik disable di menu Updates Option
Android:
Play Store -> klik Menu (di pojok kanan atas) -> My Apps -> klik menu lagi -> setting -> Auto-update Apps -> Do Not Auto-Update Apps

Matikan GPS dan Location-based Apps
Kita nggak melulu butuh GPS. Buat apa melacak posisi dan navigasi kalau kita lagi nggak sedang jalan-jalan. Jadi, lebih baik matikan saja. Toh, kalopun nge-update location, kayak bakal ada yang nyamperin aja.

Selain itu, ada beberapa apps yang emang butuh ngaktifin GPS, kayak Path, Foursquare, Google Maps dll. Nah, kalau lagi nggak dipake mending dimatiin aja.

Caranya:
iOS:
Settings -> Privacy -> Location Services -> pilih aplikasi yang menurut kamu nggak perlu pake GPS atau sekalian aja non-aktifkan semuanya.
Android:
Setting –> Location -> uncheck fitur lokasi yang nggak kamu butuhkan.


Matikan Koneksi yang Nggak dibutuhkan
Kalau menu WiFi aktif, sepanjang waktu dia bakal nyari jaringan hotspot yang bisa dikonek. Begitu juga dengan paket data (internet) dia bakal terus mencari, mengirim dan menerima sinyal. Karena itu, kalau lagi nggak dipake –misal kalau lagi sibuk kerja– lebih baik matiin aja.

Caranya:
Android:
Setting -> Turn Off Network WiFi dan Packet Data
            Atau:
Pasang widget Wi Fi, Package Data, Bluetooth, dll. di homescreen. Jadi, kalau mau dinonaktifin atau aktifin, bisa langsung klik.
iOS 7:
            Di shortcut di menu depan, uncheck koneksi yang nggak kamu butuhin.




Silent Keyboard
Buat apa dibuat getar kalau bateraimu gentar. Buat apa dibuat berbunyi kalau ternyata bikin baterai jadi sepi. Tanpa vibrate dan bunyi kita tetep bisa lancar ngetik kan? Baterai bisa lebih awet pula.

iOS 7:  
             Settings -> Sounds -> dan uncheck Vibrate on Ring option dan Vibrate on Silent option.
Android:
            Setting -> Sound -> uncheck menu Touch Sound dan Vibrate Feedback.

Kurangi Brightness
Nggak perlu terang terus untuk terus terang. Jadi, tak perlulah hape kamu terang-terang. Lagian kalau terang, orang jadi gampang kepo kan?

Caranya:
iOS 7 :
            Setting -> Wallpaper & Brightness


Android:
            Setting -> Display -> Brightness

Gunakan Wallpaper Gelap
Demi memaksilmalkan pengurangan terangnya layar, gunakanlah wallpaper yang warnanya gelap. Pake yang warna dominannya cokelat, hitam, atau yang warna-warna tua gitu. Misalnya pasang wallpaper muka sendiri kalo muka kamu tua... dan item.

Minimalkan Push Notification
Kamu nggak perlu tau kan tiap kali ada temen kamu update di Path? Karena itulah, segala jenispush-notification yang nggak perlu-perlu amat lebih baik dimatiin aja. Karena itu bakal bikinapps make koneksi dan baterai kita terus.

iOS:
Setting -> Notification Center
Android:
Setting -> Account & Sync -> nonaktifkan aplikasi yang kamu nggak butuh push notificationnya.

Jangan Dipake
Caranya: tahan tombol power selama beberapa detik, lalu lakukan perintah berikutnya :v

source : http://www.nyunyu.com/main-article/detail/biar-baterai-gadget-kamu-awet#.UwtNVuOSy5I



Tidak ada komentar:

Posting Komentar