Senin, 24 Februari 2014

4 Tips Biar Password Aman



Kapan terakhir kali kamu ganti password akun media sosial, email, dan pin ATM? Kalau udah lama banget, kamu mesti khawatir mendengar berita berikut ini: baru-baru ini ada pihak yang mencuri sekitar dua juta password internet dan kemudian menjualnya di internet. Dan sialnya, ada 754 password warga Indonesia yang ikut dicuri.

Indonesia masih jauh lebih beruntung dari Thailand dan Singapura yang jumlah password tercurinya ada diatas 5000 serta Belanda sebagai negara yang password-nya paling banyak dibobol, yaitu 1.828.452 username dan password.

Kejadian ini perlu banget kita ecamkan. Soalnya, masalah password bukan masalah sepele. Dengan mengetahui password atau PIN kita, orang bisa tahu tentang detail percakapan kita di email, mengetahui data-data privat seperti alamat rumah, dan bahayanya, bisa mengambil uang kita, baik uang di bank ataupun uang di PayPal.

Bahaya kan? Karena itulah selain password harus di jaga baik-baik kerahasiaannya. Inilah beberapa caranya:

1. Password Jangan Gampang Ditebak
Berhentilah memakai password yang isinya tanggal lahir atau nomor telponmu. Gampang banget ketebak. Jangan juga pake “namakamu123” itu juga gampang ditebak. Kreatif dikitlah untuk bikin sandi baru. Apa kek gitu, nama tokoh di novel, jumlah tanggal lahir keluarga kamu, perkalian nomor sepatumu, atau apalah. Kamu bisa ngetes seberapa kuat password kamu di howsecureismypassword.net.


2. Ganti Password Secara Berkala
Kadang kan kita buka akun di deket temen kita, nah mereka mungkin aja memperhatikan gerak jari kita dan ngapalin password. Karena itulah senggaknya dua-tiga bulan sekali kita perlu gantipassword. Lumayan, untuk ngelatih daya inget kita juga.

3. Beda Akun Beda Password
Emang sih, jadi suka susah untuk menghapalnya dan jadinya suka kebalik-balik. Tapi ini penting juga. Jadi orang yang udah tau satu password akun kita nggak mungkin bisa masuk ke akun-akun lainnya.

Ingat, yang paling penting itu password email. Soalnya, kalau akun socmed kena hack, masih bisa di-recovery lewat email. Jadi bikinlah password email yang paling aman.

4. Login Aproval
Tips satu ini datang dari salah seorang peneliti keamanan internet, George Cluely, "Kita bisa melindungi diri dengan mengaktifkan Login Approvals atau Login Notifications di Facebook," ujar Cluely. Kalau udah begitu, kita jadi tau tiap kali ada yang log in di luar kendali kita.

Jadi, udah tau kan gimana biar password kamu aman?
Mulai sekarang, waspadalah.

source :
http://www.nyunyu.com/main-article/detail/4-tips-biar-password-aman#.UwtIseOSy5I
http://tekno.kompas.com/read/2013/12/05/0901555/Jutaan.Password.Bocor.Indonesia.Jadi.Korban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar